PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, PENGENDALIAN INTERN DAN AKUNTABILITAS PUBLIK TERHADAP KINERJA ORGANISASI (Survey pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad Pekanbaru)

Andri Novius, SE, M.Si, Akt, CA

ABSTRAKSI

Penelitian ini di lakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Ahmad Pekanbaru, sampelnya adalah Pimpinan dan karyawan Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris apakah Budaya Organisasi, Pengendalian Intern dan Akuntabilitas Publik mempengaruhi Kinerja Organisasi pada RSUD Arifin Ahmad.

Alat analisis yang digunakan yaitu analisis kuantitatif. Untuk mengetahui besarnya hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS v.16 yaitu dengan hasil Y (Kinerja Organisasi) = 5,155-0,357 X1 + 0.168 X2 + 1,067 X3 + e.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara parsial dan simultan, semua variabel mempunyai pengaruh yang positif terhadap Kinerja Organisasi. Sementara, koefisien determinasi (R2) sebesar 89,7% yang berarti variabel bebas mempengaruhi variabel terikat, sementara yang 10,3% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Budaya Organisasi, Pengendalian Intern, Akuntabilitas Publik, Rumah Sakit Umum Daerah

About adminuin