Pengaruh Etika Kerja terhadap Komitmen Organisasi  dan Komitmen Profesi Sebagai Variabel Intervening

 Nasrullah Djamil, SE, M.Si, Akt, CA

 ABSTRAKSI

Penelitian tentang etika telah banyak dilakukan, tetapi penelitian yang menguji apakah etika kerja berpengaruh dengan komitmen profesi dan komitmen organisasi masih jarang dilakukan. Penelitian ini bermaksud menguji kembali pengaruh variabel etika kerja terhadap komitmen organisasi dengan variabel komitmen profesi sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan  pendekatan model Shaub et al. (1993), Khomsiyah dan Indriantoro, (1997) ; Harsanti, (2001) ; dan instrumen pertanyaan etika kerja dengan menggunakan kode etik IAI dari penelitian Desriani, (1993) ; Ismanto (2001).

Data primer pada penelitian ini diperoleh dari pendapat atau persepsi staff kantor akuntan publik (KAP) yang mengisi dan mengembalikan daftar kuesioner kepada peneliti. Data dikumpulkan dengan mail survey, yang didistribusikan ke 1000 staff KAP yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta. Kuesioner yang kembali sebanyak 95 (9,5 %) kemudian dianalisis dengan teknik person correlation. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis path.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa staff KAP yang  semakin memahami norma atau aturan yang berlaku dalam hal ini kode etik akuntan IAI akan benar-benar melakukan tugas dan fungsinya sebagai seorang akuntan, dan selanjutnya mempengaruhi komitmenya terhadap profesinya sebagai seorang akuntan dan komitmennya terhadap organisasi. 

Kata kunci  : Etika Kerja, Komitmen Profesi, Komitmen Organisasi, Path Analysis

About adminuin